100 Poems

100 Poems

PPKn Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, dalam kontek geo politik bangsa indonesia adalah ….

Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, dalam kontek geo politik bangsa indonesia adalah ….

Berdasarkan soal di atas perwujudan nusantara yang berbentuk kepulauan sebagai satu kesatuan politik adalah seluruh wilayah nusantara merupakan kebulatan wilayah nasional.  Kebulatan Wilayah Nasional beserta seluruh isi dan kekayaan di dalamnya merupakan satu kesatuan wilayah yang menjadi wadah, ruang hidup dan kesatuan matra bagi bangs, serta berperan sebagai modal bersama-sama. Artinya adalah seluruh kekayaan yang berada di nusantara baik kekayaan alam ataupun kekayaan lainnya merupakan milik seluruh rakyat Indonesia dan dapat diamnfaatkan sebgai modal bersama-sama. Kekayaan dan wilayah tersebut dapat menjadi wadah dan ruang hidup bagi bangsa Indonesia.

Pembahasan:

Perwujudan Kepulauan Nusantara sebgai sebuah satu kesatuan politik adalah sebagai berikut:

  1. kesatuan nusantara mencakup wilayah nasional dan seluruh isunya dapat dimanfaatkan sebgaai wadah, ruang hidup, matra seluruh bangsa dan modal yang dimiliki bersama oleh seluruh rakyat Indonesia.
  2. Bangsa indonesia terdiri atas berbagai suku dan memiliki berbagai macam bahasa daerah, agama dan kepercayaan merupakan satu kesatuan utuh dalam nama Indonesia.
  3. Secara psikologis selueuh banga Indonesia merasakan perasaan senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air Indonesia.
  4. Pancasila adalah falsafah dan ideologi bangsa
  5. Seluruh kepualauan Nusantara berada dalam satu kesatuan hukum yang mengabdi pada kepentingan nasional.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang pendidikan kewarganegaraan https://brainly.co.id/tugas/4059054

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]