100 Poems

100 Poems

Sejarah Pertempuran kembali pecah pada 20 november 1945 dan menewaskan pejuang tkr yang telah gagah berani memimpin pertempuran, yaitu ….

Pertempuran kembali pecah pada 20 november 1945 dan menewaskan pejuang tkr yang telah gagah berani memimpin pertempuran, yaitu ….

Pertempuran yang kembali pecah ada tanggal 20 November 1945 dan menewaskan pejuang TKR yang telah gagah berani memimpin pertempuran, yaitu pimpinan TKR dari Purwokerto yang bernama Letnan Kolonel Isdiman.

Pembahasan:

Pertempuran Ambarawa ialah pertempuran yang terjadi di wilayah Jawa Tengah tepatnya di antara Kota Semarang dan Magelang atau antara Kota Semarang dan Solo. Pertempuran ini dimulai pada tanggal 20 Oktober 1945 dimana tentara Sekutu dibawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud tujuan mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di penjara Ambarawa. Kedatangan tentara Sekutu ini disambut baik oleh Gubernur Jawa Tengah yaiu Mr. Wongsonegoro dan pihak Sekutu pun berjanji untuk tidak mengganggu kedaulatan wilayah Republik Indonesia. Akan tetapi, adanya NICA yang membonceng pasukan Sekutu, mereka mempersenjatai para bekas tawanan tersebut hingga berakibat kemarahan oleh pihak Republik Indonesia.

Konflik tersebut akhirnya terjadi  dan berlanjut antara tentara Sekutu dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pertempuran ini baru bisa berhenti saat Presiden Soekarno dan Brigadir Bethell membuat kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan Tentara Sekutu. Tetapi kenyataanya pihak Sekutu melanggar janji tersebut hingga akhirnya kembali terjadi pertempuran pada 20 November 1945 hingga pihka Sekutu menjatuhkan bom di desa-desa skitar Ambarawa yang mengakibatkan TKR terpaksa menarik pasukannya ke wilayh yang aman.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi pertempuran ambarawa pada :

  • https://brainly.co.id/tugas/2432711
  • https://brainly.co.id/tugas/17534805

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]